Cara Menyelesaikan Soal Bentuk Reading Comprehension

26 Jan 2015

Salah bentuk soal ujian dalam bahasa Inggris adalah Reading Comprehension. Dimana dalam bentuk soal ini siswa diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan bacaan. Bentuk bacaan bermacam-macam. Contohnya: deskripsi, narasi, prosedur, surat, dan lain-lain.

e780f62dfd2351f3858f914f3e37c10f_po-buku-dongkrak-omzet-milyaran-dengan-tim-penjualan-previewYang akan saya bagikan untuk pembaca blog ini adalah bagaimana menyiasati soal bentuk Reading Comprehension. Dan ini nanti bisa dicoba. Dengan catatan, siswa harus sudah berlatih terlebih dahulu.Ini adalah urutan cara menyelesaikan soal Reading Comprehension.

  1. Membaca soal terlebih dahulu.
  2. Membaca teksnya.
  3. Membaca soal kembali untuk memastikan.

Membaca soal terlebih dahulu. Pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa harus membaca soal terlebih dahulu. Karena dengan membaca soal terlebih dahulu akan mampu membantu siswa menemukan arah nanti saat membaca teks, sudah tahu pertanyaan. Selain itu, kadang ada soal yang menanyakan sinonim/antonim dan referensi dimana soal bentuk ini tidak perlu memahami teks. Hanya dengan mengecek baris berapa/paragraf berapa.

Membaca teksnya. Setelah membaca soal siswa akan mampu menemukan pokok permasalahan soal. Ini menjadi modal untuk membaca teks. Biasanya saat membaca teks siswa akan menemukan, “Oiya… ini tadi yang ditanyakan nomor 10″, misalnya.

Membaca soal kembali untuk memastikan. Siswa tidak boleh gegabah, buru-buru, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Tetap harus berhati-hati agar hasilnya nanti bisa maksimal. Setelah membaca teks dan tahu bahwa itu adalah jawaban nomor sekian tetap harus mengecek kembali soalnya.

Semoga cara singkat ini bermanfaat bagi siswa.


TAGS soal ujian cara mengerjakan soalreading cara menyelesakan soal reading kiat sukses ujian cara sukses ujian


-

Author

Saya Darwoto. Saya Guru Bahasa Inggris SMK. Saya senang menulis untuk menyalurkan bakat dan merekam apa saja yang menurut saja baik untuk saya catat di sini.

Follow Me