MOS (Masa Orientasi Siswa)

12 Aug 2015

Kegiatan awal tahun pelajaran di sekolah yang kita ketahui dan yang sering kita dengar adalah masa orientasi siswa. Biasanya kita kenal dengan MOS. Entah dari pengalaman pribadi atau apa yang sering kita lihat dan dari berbagai macam media massa. Kita akan membayangkan sesuatu ketika mendengar kata MOS. Apa itu? Iya, perploncoan, kekerasan, balas dendam senior, hukuman, disuruh membawa barang-barang aneh, atau disuruh memakai atribut yang ganjil.

Diminta memakai topi kerucut dengan warna merah putih. Dengan alasan menunjukkan kreatifitas dan rasa nasionalisme kepada negara.

Diminta mengikat rambut dengan bermacam-macam warna pita. Dengan alasan melatih kesabaran.

Diminta memakai tanda nama yang dikalungkan dengan ukuran yang tidak wajar. Dengan alasan menunjukkan rasa bangga pada nama yang diberikan oleh orang tua.

Dibentak-bentak oleh senior. Dengan alasan melatih keberanian berargumen.

Dan alasan lainnya.

Kembali kepada tujuan mulai pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional terkait adanya MOS (Masa Orientasi Siswa) adalah memperkenalkan sekolah kepada siswa barunya.

Apa yang dikenalkan kepada siswa baru?

  1. Kepala Sekolah
  2. Guru dan Karyawan
  3. Sarana dan Prasarana penunjang belajar
  4. Kurikulum
  5. Kegiatan siswa: intrakurikuler dan ekstrakurikuler
  6. Hak dan Kewajiban Siswa
  7. Tata Tertib Siswa
  8. Layanan Konseling
  9. Perpustakaan
  10. dll.

Nah, seperti yang kita ketahui bersama bila melihat jadwal MOS yang ditetapkan sekolah pasti kurang lebih seperti di atas.

Namun, jalannya kegiatan MOS di sekolah dibantu oleh pengurus OSIS. Dan pengurus OSIS ini kadang membuat kegiatan tambahan tanpa seijin sekolah.

Mari kita pahamkan tujuan mulia pemerintah mengadakan kegiatan MOS kepada pengurus OSIS. Memantau setiap kegiatan. Dan segera mengambil langkah bila tampak ada penyimpangan.

Kita cinta generasi bangsa. Mari kita didik mereka dengan cara yang santun.

 


TAGS


-

Author

Saya Darwoto. Saya Guru Bahasa Inggris SMK. Saya senang menulis untuk menyalurkan bakat dan merekam apa saja yang menurut saja baik untuk saya catat di sini.

Follow Me