Mantan Mendikbud Jadi Calon Gubernur DKI

25 Sep 2016

Saya guru dan saya sangat menghormati beliau, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Anies Baswedan. Ketika menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, beliau selalu mengisnpirasi para guru untuk menjadi pribadi yang berkarakter, selalu menjadi teladan bagi siswa-siswinya, dan aktif untuk belajar biarpun sudah menjadi guru. Saya adalah salah satu yang terinspirasi untuk menjadi guru yang baik.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Anies_Baswedan

Sontak, saya sempat kaget menjelang masa pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada hari Rabu-Jum’at, 21-23 September 2016. Nama Bapak Anies Baswedan muncul di beberapa media televisi dan berita di internet akan dicalonkan untuk menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta.

Dalam benak saya, semoga berita ini tidak benar. Masak mantan menteri malah menjadi gubernur. Bukankah ini akan turun wibawa/image beliau. Kemudian, ketika beliau menjadi menteri kan bukan dari partai politik. Dan sekarang dicalonkan menjadi gubernur dan diusung dari politik. Tentunya beliau sedikit banyak akan terpengaruh partai politik. Bukan apa-apa dengan partai politik. Tapi, sejauh pengalaman saya banyak hal yang tidak masuk akal karena ada kepentingan partai politik. Mungkin saya belum pernah belajar politik. Jadi, banyak tidak paham tentang partai politik.

Itu pendapat saya.

Benar saja. Di hari terakhir masa pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan diusung oleh Koalisi Partai Gerindra dan PKS untuk menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta dan dipasangkan dengan Bapak Sandiaga Uno sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Saya mulai membolak-balikkan pikiran saya. Menimbang-nimbang rasa. Apa alasan Bapak Anies Baswedan bersedia menjadi Calon Gubernur DKI?

Menurut saya, beliau mengesampingkan ego jaga image sebagai mantan menteri. Beliau berfikir dibutuhkan warga untuk membangun Jakarta lebih baik.

Atau ada banyak kemungkinan. Kok, kemungkinan? Kan, saya belum mewancarai beliau terkait hal ini. Di media berita internet, seperti: Antara News, Merdeka, dan Suara juga memberitakan alasan Bapak Anies Baswedan bersedia dicalonkan sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

Disertai rasa hormat dan bangga kepada beliau. Saya mendoakan beliau diberi kesehatan untuk membangun negeri tercinta Indonesia. Melalui pencalonan beliau sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta semoga terwujud. Amiin.

Terima kasih atas pembelajaran, teladan yang senantiasa engkau berikan dalam kehidupan sehari-hari.


TAGS Anies Baswedan Pilgub DKI


-

Author

Saya Darwoto. Saya Guru Bahasa Inggris SMK. Saya senang menulis untuk menyalurkan bakat dan merekam apa saja yang menurut saja baik untuk saya catat di sini.

Follow Me